Pages

PKM K bajai cinta aneka rasa

 KATA PENGANTAR


Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayah-Nya, kami dapat menyelesaikan tugas PKM- K  ini dengan sebaik-baiknya dengan judul BAJAI CINTA ANEKA RASA (Bakpao Janda Imut bebentuk cinta dengan aneka rasa).
            Dengan tersusunnya PKM-K ini, kami harapkan dapat memberikan pengetahuan. Kami sampaikan terima kasih kepada Dosen Pengajar atas bimbingnya sehingga PKM-K ini dapat terselesaikan dengan baik.
            Apabila dalam PKM-K ini banyak terdapat kekurangan maka demi kesempurnaan PKM-K  ini, kami mengharap kritik dan saran yang membangun dari semua pihak agar tercipta PKM-K yang lebih sempurna.
             Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak terkait dalam pembuatan PKM-K ini Semoga PKM-K ini bermanfaat bagi kita semua dan mencapai tujuan, Amin.







                                                                              Bangkalan, 12 Desember 2011



                                                                        Penulis

 










A.  JUDUL

BAJAI CINTA ANEKA RASA  (Bakpao Janda Imut berbentuk cinta dengan aneka rasa)

B. LATAR BELAKANG MASALAH

Upaya diversifikasi pangan terus digalakan oleh pemerintah dari mulai pemerintah pusat hingga daerah akibat semakin terbatasnya kemampuan produksi pangan nasional. Terutama dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan karbohidrat dimasa mendatang. Terlebih jika masih bertumpu pada beras semata sebagai komoditas tunggal. Salah satu alternatif asupan karbohidrat sebagai penunjang upaya diversifikasi pangan yaitu pengonsumsian umbi-umbian seperti salah satunya Ubi jalar. Ubi jalar merupakan sumber karbohidrat dan sumber kalori yang cukup tinggi. Ubi jalar juga merupakan sumber vitamin dan mineral, vitamin yang terkandung dalam ubi jalar antara lain vitamin A, vitamin C, thiamin (vitamin B1), dan riboflavin. Sedangkan mineral dalam ubi jalar diantaranya adalah zat besi (Fe), fosfor (P), dan kalsium (Ca).Kandungan lainnya adalah protein, lemak, serat kasar dan abu. Total kandungan antosianin bervariasi pada setiap tanaman dan berkisar antara 20 mg/100 g sampai 600 mg/100 g berat basah. Total kandungan antosianin ubi jalar ungu adalah 519 mg/100 g berat basah.
            Inovasi baru dari pengolahan ubi jalar menjadi makanan jajanan yaitu bakpao ubi jalar ungu. Proses pembuatan bakpao ubi jalar tergolong mudah dan tidak terlalu banyak mengurangi kandungan gizi dari ubi jalar. Bakpao juga merupakan jajanan banyak disukai masyarakat dari berbagai kalangan dan usia terutama anak sekolah. Di pasaran di Madura sudah banyak kita jumpai bakpao, tetapi belum ada yang berbahan dasar Ubi jalar  ungu. Makanan jajanan sangat penting sebagai sumber zat gizi. Oleh karena itu sangatlah tepat memberi perhatian yang lebih, baik pada mutu, gizi, dan potensinya sebagai salah satu wahana program diversifikasi pangan dan perbaikan gizi nasional. Makanan jajanan seperti bakpao umumnya digemari oleh semua lapisan masyarakat, terutama oleh anak sekolah. Jajanan memberikan konstribusi energi yang cukup tinggi bagi anak sekolah, karena itu dapat dipahami peran penting makanan jajanan sekolah pada pertumbuhan dan prestasi belajar anak di sekolah. Makanan jajanan yang dikonsumsi anak sekolah perlu mendapat perhatian dari aspek gizi dan keamanannya mengingat anak sekolah masih dalam masa tumbuh kembang, maka keseimbangan gizi dalam tubuh harus diperhatikan supaya tetap.
BAJAI CINTA ANEKA RASA merupakan produk diversifikasi makanan bakpao modern dengan menggunakan bahan dari Ubi jalar ungu. Ubi jalar ungu dipilih sebagai pengganti bahan pembuatan bakpao biasanya yang menggunakan tepung terigu, dikarenakan Ubi jalar ungu sangat melimpah di Indonesia dan banyak dijual dipasaran. Bakpao janda imut memiliki tampilan yang unik terutama pada warnanya. Biasanya camilan khas negeri Cina ini berwarna putih bersih terbuat dari 100 persen tepung terigu dengan isi daging atau kacang merah di dalamnya, tetapi Bakpao janda imut berwarna ungu gelap serta berisi enam rasa yaitu, coklat, nanas, kacang merah, daging ayam, strawbery, kacang hijau. Rasanya sangat gurih, manis dan lembut. Dan bentuk Bakpao janda imut tidak terlalu besar melainkan berukuran kecil. Harga Bakpao janda imut juga relatif murah untuk para pecinta bakpao.
Bakpao ubi jalar ungu sebenarnya lebih terkenal di kota Malang. Di PKM Kewirausahaan ini, kelompok akan membuat wirausaha bakpao ubi jalar ungu di Madura terutama Bangkalan. Penyebab pembuatan wirausaha bakpao ubi jalar ungu yang sama seperti di kota Malang karena, supaya para konsumen di Madura yang suka dengan bakpao ubi jalar ungu tidak jauh jauh pergi ke malang hanya untuk membeli bakpao telo dan mengeluarkan biaya transpotasi terlalu banyak. Perbedaan bakpa telo di Malang dengan BAJAI CINTA ANEKA RASA di Madura yaitu Harga Bakpao di Malang bisa dikatakan Mahal bagi masyarakat yang ekonomi rendah dan bagi para ank sekolah SD, SMP, SMA dan Mahasiswa. Di BAJAI CINTA ANEKA RASA harga bakpao untuk 1 buah hanya seharga Rp. 1500,-. Bentuk  BAJAI CINTA ANEKA RASA dikatakan imut karena bakpao tersebut akan diberi hiasan seperti bentuk orang tersenyum.






C. Perumusan Masalah

Masalah yang melatarbelakangi program ini adalah:
1.      bagaimana meningkatkan pemanfaatan terhadap potensi ubi jalar ungu di Indonesia yang sangat besar dan tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia untuk dapat dikonsumsi?
2.      Bagaimanakah cara membuat  membuat bakpao berbahan dasar Ubi jalar ungu yang enak, memiliki tampilan menarik, aman dikonsumsi segala usia dengan variasi isi bakpao ?
3.      Bagaimana memasarkan bakpao janda imut di kalangan mahasiswa dan masyarakat umum ?

D. Tujuan Program

1.      Memanfaatkan ubi jalar ungu sebagai salah satu produk yang berkualitas dan memiliki nilai gizi yang tinggi.
2.     Meningkatkan nilai ekonomis ubi jalar ungu di Indonesia.
3.    Menyediakan alternatif jajanan masyarakat untuk semua kalangan dengan nilai gizi yang tinggi.
4.      Mengasah kemampuan wirausaha mahasiswa.

E. Luaran Yang Diharapkan

1.      Luaran yang diharapkan dari PKM-K ini adalah tersedianya alternatif  jajanan bergizi tinggi dan mudah dibuat oleh masyarakat sebagai upaya substitusi karbohidrat dan mengembangkan diverifikasi pangan yaitu BAJAI CINTA ANEKA RASA.

F.  Kegunaan

1.      Meningkatkan wawasan mahasiswa dan masyarakat tentang ubi jalar ungu serta pengolahannya menjadi makanan bergizi,
2.      Salah satu upaya diversifikasi pangan,
3.      Substitusi karbohidrat selain beras,
4.      Tambahan pendapatan bagi masyarakat pembuat bakpao,
5.      Sebagai sarana pengembangan jiwa kewirausahaan mahasiswa.

G. GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA

1. Analisis Produk

Ø Nama Produk dan Karakteristik Produk

Produk dari usaha ini mempunyai nama dagang “BAJAI CINTA ANEKA RASA” yaitu bakpao janda imut cinta aneka rasa. Produk ini mempunyai karakteristik yang unik, dimana mengubah ubi jalar ungu menjadi jajanan yang disukai banyak masyarakat yaitu bakpao. Bakpao yang terbuat dari ubi jalar dengan isi beraneka rasa dan bentuk unik.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar